Pengertian GIMP

GIMP (GNU) Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. Sedangkan Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). GIMP cocok untuk brbagai tugas manipulasi gambar termasuk  retouching foto, komposisi gambar, konstruksi. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GIMP memiliki banyak kemmpuan. Dapat di gunkan sebagai  program paint yang sederhana, seorang ahli kualitas foyo retouching program, sebagai sistem online batch processing, sebuah produksi massa rendere gambar, gambar  format converter, dll.

GIMP adalah dapat di kembangkan dan extensibla. Perangkat ini di rancang  untuk di kembangkan dengan plug-in dan ekstensi untuk melakukan hampir segala hal. Advenced scripting interface yang memungkinkan semuanya dari tugas sederhana hingga prosedur yang paling rumit untuk manipulasi gambar.

1. Penulis

Versi pertama dari GIMP ini di tulis oleh Peter  Mattis dan Spencer Kimball. Banyak pengembangkan  baru – baru ini telah memberikan kontribusi lebih dan ribuan lainnya telah memberikan dukunggan dan pengujian. Rilis GIMP saat ini  sedang di susun ulang oleh Sven Neumann dan Mitch Natterer dan anggota lain dari GIMP-Team.

2. Bantuan sistem (Help System) GIMP

Tim dokumentasi GIMP dan pengguna lainnya telah menyediakan kepada  anda informasi yang di butuhkan untuk memahami bagaimana menggunakan GIMP. User Manual adalah bagian penting dari bantuan ini. Versi saat ini ada di situs web dari Tim Dokumentasi dalam format HTML.HTML versi ini juga tersedia sebagai konteks terintegrasi dengan program yang membntu (jika Anda menginstallnya)ketika menggumakan GIMP Hanya menekan tombol F1. Bantuan khusus pad menu dapat diakses dengan menekan tombol F1 saat mouse pointer fokuspada menu item.

3. Fitur dan Kemampuan

Daftar berikut  ini  merupakan ringkasan singkat dari beberapa fitur dan kemampuan GIMP anda:

– Suite yang lengkap termasuk alat – alat melukis brushes, pencil, airbrush, cloning,dll.

– Tile berbasis manajemen memori, sehingga ukuran gambar hanya di batasi oleh ruang disk yang tersedia.

– sub-pixel sampling untuk semua alat- alat untuk high-quality anti-aliasing.

– dukungan penuh Alpha channel  untuk bekerja dengan transparasi.

– Layer dan Channel.

– Prosedur internl database untuk memanggil fungsi – fungsi Gimp dari program eksternal,seperti Script-Fu.

– Kemampuan Advenced scripting.

– Multiple undo/redo (di batasi oleh ruang disk).

– Transformation tools  termasuk rotate, scale, sheare, dan flip.

– Dukungan untuk berbagai macam format file, termasuk GIF, JPEG, PNG, XPM, TIFF, TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP dan sebagainya.

– Peralatan selection, termasuk rectangular, elips, free, fuzzy, bezier, dan intelligent scissors
Plung-in yang memungkinkan untuk memudahkn penambahan format file baru dan filter efek baru.

About daimyoadachi

Just See what've done and Learn that !!

Posted on Desember 5, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar